Jakarta — Karbohidrat, protein dan lemak, tiga jenis makronutrien yang wajib dipenuhi saat bersantap. Telur kerap jadi pilihan sumber protein yang dianggap murah dan mudah diolah. Apa olahan telur favorit Anda?
Karena pertimbangan asupan lemak jenuh, perlu bijak dalam menggunakan minyak goreng. Tak bisa dimungkiri, telur ceplok atau dadar memang paling praktis sebagai menu sarapan. Namun ada pilihan olahan lain yang minim atau tanpa minyak.

Berikut lima resep praktis mengolah telur dan bebas minyak.

1. Telur rebus (hard boiled egg)
Santapan mengenyangkan dan praktis salah satunya telur rebus. Metodenya sederhana tanpa menambahkan bumbu apapun. Namun tiap rumah tangga memiliki metode berbeda dalam hal waktu perebusan.

Menurut Organic Authority, untuk telur rebus yang matang merata Anda perlu waktu sekitar 15 menit. Pertama, rebus telur dalam air mendidih selama 5 menit. Kedua, matikan api dan diamkan selama 10 menit.

Siapkan mangkuk air dingin dan pindahkan telur pada mangkuk untuk menurunkan suhu. Telur rebus bisa langsung dikupas dan disantap atau Anda bisa menambahkannya untuk isian roti lapis atau sandwich juga salad.

2. Soft boiled egg
Untuk sajian telur yang lebih lembut atau soft boiled egg, caranya sama dengan hard boiled egg. Hanya saja, ada sedikit perbedaan waktu proses perebusan.

Rebus telur selama 5 menit lalu matikan api. Diamkan telur selama 3-5 menit baru pindahkan ke mangkuk air dingin. Hasilnya akan mirip dengan poached egg tetapi dengan cara lebih praktis.

3. Telur panggang
Tanpa minyak, Anda bisa menghasilkan menu sarapan nikmat dengan telur panggang. Siapkan 1-2 butir telur, isian berupan potongan bawang bombay, tomat, seledri, keju, daun bawang, cabai (jika suka pedas).

Kocok semua bahan dan letakkan pada mangkuk tahan panas. Sebagaimana dilansir NDTV, semangkuk mini telur pun siap dipanggang selama 5-10 menit di suhu 350 derajat Fahrenheit.

4. Omelet rebus
Omelet satu ini tidak memerlukan minyak atau butter. Siapkan air dan cuka lalu panaskan. Sembari menunggu air mendidih, kocok telur bersama lada, garam, juga isian berupa sayuran misal seledri, daun bawang, tomat, dan jamur.

Setelah mendidih, tuang kocokan telur hingga membentuk lapisan mengambang. Biarkan hingga matang lalu ambil. Tambahkan oregano atau bubuk cabai untuk menambahkan rasa.

5. Telur orak-arik tanpa minyak
Selain omelet, telur orak-arik pun bisa diolah tanpa minyak. Ini mirip dengan omelet, tetapi tambahkan susu cair pada telur lalu kocok. Didihkan air dan cuka tetapi dalam jumlah sedikit agar nanti air terserap telur.

Kemudian masukkan telur, lalu terus aduk dengan sumpit hingga telur mengeras, air terserap. Tambahkan lada dan garam sebagai bumbu.

 

Sumber Artikel:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210906194331-262-690539/5-resep-praktis-olahan-telur-dan-bebas-minyak.