Jakarta — Selain perawatan dari luar seperti dengan skincare, penting juga memperhatikan perawatan dari dalam yakni lewat makanan yang menghilangkan jerawat.
Pasalnya, kulit adalah cara tubuh berbicara ketika tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi, termasuk dengan timbulnya jerawat. Berikut tujuh makanan yang menghilangkan jerawat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan rendah glikemik, protein tinggi memainkan peran penting dalam meningkatkan jerawat.

Oleh karenanya, untuk mencegah jerawat datang, ada baiknya dimulai dari pola makan kaya buah dan sayuran berwarna.

Berikut tujuh makanan yang menghilangkan jerawat dan noda.

1. Kale

Kale menjadi salah satu makanan yang diyakini efektif dalam mencegah jerawat datang. Hal ini karena kale adalah sayuran yang padat nutrisi.

Sebagaimana dilansir Healthline, selain tinggi serat dan rendah kalori, kale juga dikemas dengan nutrisi seperti:

– vitamin A, B-6, C, dan K
– mangan
– kalsium
– copper
– kalium
– magnesium

Antioksidan, vitamin, dan mineral dalam kale bekerja untuk mengurangi hiperpigmentasi, yang merupakan kunci untuk meratakan warna kulit Anda.

Vitamin C juga mempromosikan pembentukan kolagen, membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan tingkat pergantian sel.

Untuk mencoba: Tambahkan segelas kale dalam smoothie Anda atau tumis sebentar untuk dinikmati sebagai lauk makan siang atau malam.

2. Ubi jalar

Retinol, turunan vitamin A, sangat ideal untuk memerangi jerawat dan mencegah keriput.

Ada ratusan krim dan serum retinol di pasaran yang menjanjikan untuk menghilangkan jerawat Anda, tetapi bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahan kuat ini mungkin terlalu keras untuk kulit.

Oleh karena itu, coba makan dari sumber aslinya.

Beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A, adalah salah satu alasan mengapa ubi jalar memiliki warna oranye.

Setelah makan ubi jalar, tubuh Anda akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A.

Vitamin ini memiliki sifat yang akan bertindak sebagai penghalang kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori tersumbat yang sering disebabkan oleh radikal bebas.

3. Lemon
Jus lemon segar berfungsi sebagai zat alami yang dipercaya membantu mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan noda.

Namun, menggunakannya sebagai pengobatan topikal tidak dianjurkan. Jus lemon terlalu asam dan dapat merusak penghalang kulit Anda, menyebabkannya menjadi terlalu terang atau gelap setelah terpapar sinar matahari.

Tetapi ketika khasiat lemon dikemas dalam serum, diperas ke dalam minuman Anda, atas sebagai pelengkap di atas salad, dan bagian dari diet Anda, itu bisa bekerja sebagai keajaiban untuk kulit.

Sebuah studi 2014 mengkonfirmasi efek protektif dan antikarsinogenik dari flavonoid kulit jeruk.

Di samping itu, lemon membantu meningkatkan produksi kolagen, memblokir radikal bebas, serta memudarkan bekas jerawat.

Anda bisa mencobanya dengan memeras lemon segar ke dalam secangkir air hangat dan minum dengan perut kosong setiap pagi untuk kulit bercahaya.

4. Labu

Sarat dengan enzim buah, seng, dan asam alfa hidroksi, labu dapat melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH.

Itu juga yang membuat Anda kerap menemukannya terkandung dalam banyak masker dan produk eksfoliasi.

Tetapi jika konsumsi secara langsung, semua serat dan seng itu akan bermanfaat bagi Anda juga. Seng membantu mengatur jumlah produksi minyak.

5. Buah beri

Stroberi, ceri, raspberry, blueberry, dan blackberry penuh dengan vitamin C dan antioksidan, yang juga dapat ditemukan dalam paprika, kiwi, dan brokoli.

Memiliki vitamin C yang beredar dalam darah Anda adalah senjata ampuh melawan kulit bernoda, sementara antioksidan dari buah beri bertindak seperti serangan kombo terhadap bintik-bintik gelap yang mengganggu, menghentikannya agar tidak terbentuk di tempat pertama.

Buah beri dapat Anda nikmati langsung sebagai camilan atau pelengkap dari sajian favorit seperti oatmeal dan yoghurt.

6. Kembang kol

Buah-buahan dan sayuran yang segar dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang lebih besar, tetapi jangan meremehkan kembang kol.

Kembang kol mengandung asam amino kuat yang disebut histidin. Terlalu banyak sinar matahari dapat memperburuk bintik-bintik gelap yang ada, tetapi histidin mencegah sinar UV yang berbahaya itu mendatangkan malapetaka pada kulit Anda.

Untuk memperoleh manfaat kembang kol sebagai makanan yang menghilangkan jerawat, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambah dalam tumisan atau dipadukan dengan kentang tumbuk.

7. Pepaya
Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Di permukaan kulit Anda, papain cukup kuat untuk:

– mengelupas sel kulit mati
– membuka pori-pori
– memudarkan bekas jerawat
– melembabkan kulit
– mencegah jerawat

Sementara untuk bagian dalamnya, buah tropis ini juga luar biasa. Vitamin dan mineralnya meningkatkan elastisitas kulit dan dapat membantu menghilangkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

 

Sumber Artikel:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210910131208-262-692472/7-makanan-terbaik-bantu-menghilangkan-jerawat/2.