Connect with us

Gadget

Netflix Makin Cuan Berkat “Squid Game”

Published

on

KOMPAS.com – Popularitas “Squid Game” di skala global rupanya ikut mengerek pendapatan Netflix, layanan streaming yang menayangkan serial asal Korea Selatan itu.

Baru-baru ini, Netflix mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal III-2021. Perusahaan video on demand itu mengklaim jumlah pelanggannya (subscriber) secara global melesat berkat Squid Game. Jumlah pelanggan Netflix di seluruh dunia bertambah 4,38 juta di kuartal III-2021, membuat total pelanggannya menjadi 213,6 juta secara global. Jumlah itu melampaui target Netflix sendiri dan estimasi dari para analis pasar, yang memprediksi jumlah pelanggan hanya akan bertambah 3,5 juta di kuartal III-2021.

Separuh dari jumlah pelanggan baru disebut berasal dari kawasan Asia Pasifik, sementara pelanggan dari AS dan Kanada bertambah sekitar 700.000 pelanggan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Jumat (22/10/2021). Pendapatan Netflix pun ikut terkatrol berkat penambahan pengguna tadi. Pada kuartal III-2021, Netflix meraup 7,48 miliar dollar AS atau sekitar Rp 105,7 triliun, naik 16 persen dari kaurtal II-2021.

Sementara laba per dilusi saham menjadi 3,19 dollar AS (sekitar Rp 45.000), naik 83 persen dari kuartal sebelumnya. Angka itu sesuai dengan prediksi para analis di Wall Street yang juga memprediksi EPS (earning per share) sebesar 2,56 dollar AS (sekitar Rp 36.000), berdasarkan data Refinitiv.

“Setelah daftar konten lebih sedikit di kuartal I dan II karena penundaan produksi akibat Covid-19 di tahun 2020, kami melihat dampak positif dari daftar konten yang lebih banyak di paruh kedua tahun ini,” kata Netflix ke para investornya dalam surat pemegang saham kuartal.

Untuk kuartal IV-2021 mendatang, Netflix memproyeksikan pendapatan bersih dari pembayaran (paid net) mencapai 8,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 120 triliun), jumlah yang sama dengan capaian global paid net Netlfix kuartal IV-2020.

Squid Game pecahkan rekor Squid Game memecahkan rekor sebagai acara TV orisinil Netflix terbesar secara global di bulan pertama penayangan. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh serial romantis bertema klasik, “Bridgerton”. Menurut Netflix, Squid Game telah ditonton oleh 142 juta pelanggan rumah tangga secara global, atau setara dengan 2/3 dari total pengguna Netflix pada akhir bulan September, dalam satu bulan penayangan perdana. Perlu dicatat bahwa angka itu dihitung dari siapa saja yang setidaknya menonton sebuah episode selama 2 menit.

“Besarnya popularitas Squid Game sungguh luar biasa, serial ini menduduki peringkat nomor 1 di 94 negara (termasuk AS),” kata Netflix dalam surat kepada investor.

Netflix juga sesumbar bahwa fenomena Squid Game merembet ke lintas platform dalam wujud meme atau video pendek di TikTok, dengan lebih dari 42 miliar penonton. Tidak cuma itu, produk bertema Squid Game juga disebut laris manis.

“Permintaan produk konsumen untuk merayakan fandom Squid Game cukup tinggi dan barang-barang tersebut sedang dalam perjalanan menuju retail saat ini,” imbuh Netflix tanpa menyebut berapa banyak produk yang dipesan.

Uniknya, saking populernya serial Squid Game, CEO Netflix, Reed Hastings mengenakan kostum yang terinspirasi dari drama tersebut di sebuah wawancara laporan keuangan Netflix untuk kuartal III-2021. Hastings mengenakan jaket hijau-putih, persis seperti yang dikenakan peserta Squid Game dalam serialnya.

Netflix dikabarkan menggelontorkan uang senilai 21,4 juta dollar AS (sekitar Rp 301,4 juta) untuk memproduksi sembilan episode Squid Game. Menurut laporan Bloomberg yang diklaim dari data internal yang bocor, modal itu akan memberikan keuntungan berlipat ganda untuk Netflix senilai 891 juta dollar AS (sekitar Rp 12,5 triliun) yang disebut sebagai “nilai dampak”.

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/22/07090087/netflix-makin-cuan-berkat-squid-game-?page=2.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Dukung Kreator Indonesia, Facebook dan Instagram Luncurkan Hari Kreator

Published

on

Parapuan.co – Kawan Puan, Facebook dan Instagram menghadirkan Hari Kreator Kamis (28/10/2021).

Hari Kreator adalah sebuah acara virtual yang mengumpulkan ratusan kreator dan penerbit dari Indonesia dan Malaysia untuk saling berbagi kisah, pengalaman, dan pengetahuan.

Acara ini akan dipandu oleh aktris serta pembawa acara televisi Indonesia, Sarah Sechan, dan DJ radio dari Malaysia, Haniff Hamzah.

Hari Kreator akan membantu para kreator di dua negara ini mengasah keterampilan, meningkatkan jumlah audiens, serta menciptakan dampak ekonomi.

“Para kreator ini telah membangun komunitas-komunitas yang sangat kuat di Facebook dan Instagram,” kata Revie Sylviana, Entertainment Partnership Director, Indonesia & Malaysia, Facebook, dikutip dari rilis yang PARAPUAN terima.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi mereka untuk meningkatkan jumlah audiens serta mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan platform kami,” tambahnya.

Indonesia dan Malaysia dipilih karena kreator di kedua negara ini adalah kreator yang paling kreatif.

Acara perdana di Asia Tenggara ini akan menyajikan penampilan dan sesi diskusi bersama nama-nama besar yang sudah tidak asing bagi para kreator.

Ada Eva Chen, VP Fashion Partnerships untuk Instagram, yang akan berbincang bersama dua kreator ternama dari Malaysia dan Indonesia, Amelia Henderson dan Daniel Mananta.

Kreator lainnya yang akan berpartisipasi diantaranya adalah Project Nightfall, Anaz Siantar, The Food Ranger, Hobby Makan, dan Haniff Hamzah.

Mereka akan berbagi tips dan pengalaman tentang bagaimana kreator dapat meningkatkan monetisasi dan tips membuat konten yang otentik dan inspiratif.

Acara ini akan memberikan kesempatan kepada para kreator untuk saling berbagi pengalaman, kisah inspiratif, serta belajar dari satu sama lain.

Facebook berinvestasi untuk masa depan kreator dengan membangun sarana dan produk monetisasi yang akan membantu mereka mendapatkan penghasilan dan menjangkau audiens baru.

Saat ini, ada berbagai sarana dan produk monetisasi yang tersedia untuk digunakan oleh para kreator.

Ada In-stream ads, Brands Collab Manager, Fan Subscriptions, Stars, dan Paid Online Events.

Kreator juga dapat membangun interaksi melalui Facebook Group, Lives, Reel, dan Stories, serta fitur yang baru saja diluncurkan, Live Audio Rooms.

The Food Ranger dan Nazneen Judge adalah dua kreator konten yang telah sukses membangun karir mereka sebagai kreator di Facebook dan Instagram dengan berbagai strategi monetisasi.

Pada Hari Kreator keduanya akan berbagi kisah perjalanan karir mereka sebagai kreator konten.

Selain itu, ada juga tips untuk kreator baru yang sedang mempertimbangkan untuk membangun karier sebagai kreator, serta fitur-fitur favorit mereka di Facebook dan Instagram.

Untuk membantu para kreator berkembang di Facebook dan Instagram, Instagram dan Facebook juga berbincang dengan praktisi media sosial dan kreator Thariq Halilintar.

Dipandu oleh Dan Neary, Vice President Asia Pacific, Facebook, program bertajuk Ideas That Matter ini membahas topik-topik seputar bagaimana Facebook mendukung ekonomi kreator di Asia Pasifik.

Tak hanya itu, ada juga tips terbaik dari para pembicara tentang membuat konten yang menarik, cara berkolaborasi dengan merek, dan berkolaborasi bersama audiens.

“Di Facebook, kami berkomitmen untuk mendukung para kreator, baik yang baru memulai ataupun yang sudah mapan,” papar Revie.

“Kamu mendukung saat mereka mengubah passion menjadi sumber penghasilan, kami melihat para kreator ini sebagai generasi baru bisnis kecil,” lanjutnya.

Kreator memiliki kesempatan untuk terhubung dengan audiens global di seluruh aplikasi Facebook, memberi mereka ruang untuk mengembangkan diri, dan menemukan sumber pendapatan yang baru.

 

Sumber:

www.parapuan.co/read/532962798/dukung-kreator-indonesia-facebook-dan-instagram-luncurkan-hari-kreator?page=3

Continue Reading

Trending

Powered by Media Group Empire © All Rights Reserved